THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 16 Juni 2013

Menerbitkan Buku MEMANG Gampang!

Alhamdulillah, sambutan masyarakat terhadap buku saya, "Menerbitkan Buku Itu Gampang!" (MBIG) sungguh luar biasa. Sejak diterbitkan Oktober 2008 hingga saat ini, hampir setiap hari ada saja teman yang memesannya, ingin membacanya.
Namun tentu saja, dalam setiap hal ada pro dan kontra. Ada sebagian teman yang berkata, "Siapa bilang menerbitkan buku itu gampang?" Mereka juga "menuduh" saya bersikap "terlalu menggampangkan" hal-hal yang sebenarnya - menurut mereka - tidak gampang. Bahkan Pak Bambang Trim, seorang pakar penerbitan buku ternama, berkata bahwa menerbitkan buku adalah taktis, bukan gampang.
Sementara teman-teman yang belum menerbitkan buku berkata, "Selama ini saya masih sulit menerbitkan buku. Naskah saya masih ditolak di sana sini. Kenapa Pak Jonru justru berkata menerbitkan buku itu gampang? Di mana letak gampangnya?"
Oke. Sebenarnya ada DUA ALASAN UTAMA kenapa saya berkata... hm, sebenarnya kalimat yang tepat adalah "Kenapa buku saya berjudul 'Menerbitkan Buku Itu Gampang!'."
Alasan Pertama: Anda yang bekerja di bidang penerbitan buku tentu paham bahwa judul yang menarik merupakan SALAH SATU penentu nilai jual. Judul harusnya seksi, membuat penasaran, eye chatching. Maka, dalam konteks inilah kenapa buku saya diberi judul seperti itu.
Berdasarkan alasan pertama ini pulalah, saya sebenarnya agak heran dan bingung, kenapa judul seperti itu justru "dipermasalahkan" oleh seorang praktisi dan pakar penerbitan buku, yang tentu saja jauh lebih paham mengenai hal seperti ini ketimbang saya :)
Alasan Kedua: Sebenarnya saya tidak bermaksud mengatakan bahwa begitu naskah Anda ditawarkan ke penerbit, maka semua urusannya serba gampang. Dengan bahasa yang sederhana, urusan penerbit buku sebenarnya tidaklah seperti membalik telapak tangan.
Tentu di dalamnya ada proses yang panjang, seleksi naskah, bahkan mungkin ratusan penolakan
Dan bila menerbitkan sendiri buku Anda (self publishing), tentu Anda harus berhadapan dengan segala macam kerepotan seperti urusan marketing, distribusi, dan seterusnya. Intinya, memang menerbitkan buku itu tidak segampang itu.
Unsur GAMPANG pada judul buku saya memiliki sebuah landasan historis. Dan ini sebenarnya sudah saya cantumkan pada kata pengantar buku ini: 
".....Tema buku ini merupakan sebuah pemikiran yang kerap mengganggu pikiran saya sejak beberapa tahun lalu. Di internet, saya aktif di sejumlah komunitas penulisan, termasuk www.penulislepas.com. Selama bergaul di sana, saya sering membaca pertanyaan dari begitu banyak orang yang intinya sama, “Bagaimana cara menerbitkan buku?” Pertanyaan seperti ini membuat saya agak senewen. Sebenarnya saya punya jawabannya, karena sedikit banyaknya saya mengetahui seluk beluk dunia penerbitan buku. Saya merasa perlu memberikan jawaban yang detil. Namun saya sering repot jika harus menulis penjelasan yang sangat panjang, terlebih karena itu harus terus diulang-ulang. Selalu saja ada orang yang mengajukan pertanyaan yang sama. 
Karena itulah, saya merasa pertanyaan seperti ini perlu dibahas secara komprehensif. Maka buku ini pun saya tulis...." 
Nah, itulah landasan historis kenapa buku saya berjudul "Menerbitkan Buku Itu Gampang!"
Selama ini masih banyak teman yang bingung, tak tahu bagaimana cara menerbitkan buku. Mereka ingin segera menerbitkan buku, tapi tak tahu apa yang harus dilakukan.
Buku MBIG bisa disebut sebagai PENERANGAN atas kegelapan atau kebingungan para penulis tersebut. MBIG adalah sebuah panduan dalam menulis dan menerbitkan buku. Di buku MBIG ini saya memaparkan hal-hal yang belum diketahui oleh pembaca seputar penulisan & penerbitan buku, secara step by step, langkah demi langkah.
 Setelah membaca buku ini, diharapkan pembaca berkata dengan bahagia, "O, ternyata begitu tho.. cara menerbitkan buku!" Dan alhamdulillah, memang reaksi seperti itulah yang umumnya disampaikan oleh teman-teman setelah membaca buku MBIG. Mereka merasa bahwa kebingungan dan ketidaktahuan mereka selama ini mengenai penerbitan buku, kini menjadi terang benderang setelah mereka membaca MBIG.
Mereka yang awalnya bingung, jadi tercerahkan. Mereka yang awalnya masih blank, kini menjadi paham mengenai seluk beluk penulisan & penerbitan buku yang sebenarnya.


Ingin Memesan Buku Ini?
Nah, bagi Anda yang juga masih bingung dan blank soal penulisan & penerbitan buku, silahkan baca saja buku MBIG ini.
Harga: Rp 51.500 plus ongkos kirim
Penerbit: Tiga Serangkai
Untuk pemesanan, silahkan kirim email ke mbig @ naskahoke.com (hilangkan spasi di antara tanda @). Dalam email Anda, jangan lupa cantumkan:
Nama: ……
Alamat Lengkap: …………
No Telpon: ……………
Jumlah eksemplar yang hendak dipesan: ………

(jonru)

====================================================================



JASA EDITING NASKAH BERHADIAH!

Menulis adalah kegiatan dan hobi yang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang—belum lagi kalau tulisan itu dibukukan hingga dapat dibaca oleh masyarakat luas. Kamu bercita-cita ingin menjadi penulis dengan menuangkan idemu dalam bentuk sebuah buku yang berkualitas?

Namun, sekadar ditulis saja tak cukup untuk melengkapi kualitas tersebut. Diperlukan pula tata bahasa yang sesuai dengan EYD. Masih merasa lemah dalam kualitas EYD? Oleh karena itulah, blogger Menulis Bukti Hidupku (MIBUKU) siap membantu dengan menyediakan jasa editing naskah dalam bahasa Indonesia agar isi bukumu semakin berkualitas!


Setiap naskah memerlukan proses editing sebelum dijual. Tapi tidak semua penulis bisa melakukan editing naskahnya dengan baik. Ia memerlukan bantuan jasa editing naskah. Teman-teman penulis yang membutuhkan jasa, akan mendapatkan editing meliputi koreksi EYD seperti misalnya :
·                    Kalimat yang salah atau kurang,
·                    Tajwid bahasa (pelafalan huruf dan kata),

·                    Kata penghubung apa bagusnya digunakan,

·                    Kata depan,

·                    Kesalahan ketik (typo),
·                    Kalimat baku dan tak baku,
·                    Penggunaan huruf kapital, huruf miring dll,
·                    Penggunaan tanda baca yang tepat seperti elipsis, petik ganda, petik tunggal, tanda hubung seperti en-dash dan em-dash dsb,
·                    dan masih banyak lagi…

Proses editing naskah sangat perlu dilakukan sebelum naskah itu diterbitkan karena bisa saja terjadi kesalahan yang tidak disengaja mau pun salah tulis, juga ketidaktahuan penulis tentang EYD hingga selalu ditolak penerbit mayor karena tata penulisan yang masih kacau. Butuh bantuan jasa editing naskah kami?
Editing yang kami lakukan tidak meliputi isi naskah seperti misalnya pengecekan kebenaran isinya. Dalam editing, kami juga tidak akan mengubah gaya tulisan, makna, dan alur cerita yang kamu tulis.

Apa untungnya mencari jasa editing naskah sendiri? Dengan mencari jasa editing naskah sendiri, tentu saja file hasil editing secara otomatis akan menjadi milik penulis sepenuhnya. Beda kalau diedit secara langsung oleh penerbit karena file hasil editingnya tak akan diberikan.
Hanya dengan TARIF JASA EDITING sebesar Rp 200.000 (DUA RATUS RIBU RUPIAH) maksimal 100 hal (format A4, font TNR 12, spasi 1.5, margin normal) kamu bisa mendapatkan hasil editing naskahmu hingga bisa mempelajari kesalahan kepenulisanmu sendiri. Jadi sekalian bisa belajar EYD secara mandiri, kan?

Tak semua penulis menyadari EYD itu penting dalam menulis. Padahal hal itu sangat mempengaruhi baik dan buruknya tata penulisan mereka agar pembaca dapat memahami tulisan seorang penulis. Baik dan buruknya tata kepenulisan itu merupakan bukti serius atau tidaknya penulis itu berkarya. Jika tak teliti dalam EYD, penulis hanya menulis kata yang tidak berarti.
Dengan menggunakan jasa kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi dan konten yang ada di dalam naskah tersebut karena merupakan tanggung jawab penulis naskah seutuhnya. Selain itu, penulis juga harus mencantumkan dalam buku tersebut bahwa editor bukunya adalah MENULIS BUKTI HIDUPKU.

BONUS:
Jasa editing naskah kami ada bonusnya, loh! Tiap naskah yang masuk akan mendapatkan 1 (satu) buah buku koleksi Creepy Pasta’s Group Sister yang akan dikirim langsung ke alamat kamu (persediaan terbatas). Judul buku bisa dipilih.

 

Punya naskah yang mau diterbitkan? Ingin melakukan self editing, tapi merasa kurang memahami EYD? Silakan kontak kami di sini untuk mendiskusikannya:

Facebook (inbox only) : ARIESKA ARIEF & MENULIS BUKTI HIDUPKU
Pin BB (ping! only) : 764A7969
Ponsel (SMS only) : 085 399 566 422
 

0 komentar: