THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 08 Maret 2014

Umroh (hari - 1)

Senin, 4 maret 2013: KEBERANGKATAN

Dini hari ga bisa tidur, cos belum beresi barang koper. Akhirnya packing sungguh2 deh, eh sambil nonton jiang hu. Itu kan film yang dah lama pengen kunonton dvdnya hehe. Kebetulan deh jodoh bisa nonton film itu, asik . Bisa liat shawn yu lage. Film itu menemaniku packing yang ntar lage dah berada di arab neh. Habis tuh masi ada film lage kunonton, pokoke ga bisa tidur deh ampe pagi pun aku pergi…
Tapi kepikiran juga ne soalnya pulang baru bisa nulis lage hehe. Bisa kangen ne ama ina. Lama juga ya aku di arab 12 hare, pasti ga terasa deh. Enjoy dulu lah belajar ibadah umroh di sana. Bye2…

Pagi2 di bandara ama keluarga yang mo pergi. Asik. Kami pake seragam batik coklat-putih. Eh, tentu aja mua bawaan bawahannya rok semua, ga pake celana, kecuali tuk tidur doang. Lalu ke dalam deh, eh bandara sultan hasanuddin di dalamnya bagus modern banget deh . Lalu rombongan ke pesawat Jakarta jam 12 siang, 2 jam ampe. Pake id cardnya ya selalu…
Oh iya, ga boleh bawa air loh ke pesawat juga jangan pasang baterei (soalnya aku bawa weker tuk jam obat kb hehe) Lalu terbang pake garuda. Kusuka dekat jendela selalu meski pun ngeri liatnya lage terbang. Hii. Eh, yang suka mabok jangan lupa minum antimo tiap jalan. Pokoke mua obat penting2 taruh di tas! Akhirnya ampe, ketemu keluarga besar laennya, ada yang mo berangkat juga. Terus kami ke dalam, ada kamar2 tuk peserta umrohnya. Eh, btw aku lebi suka bandaraku di Makassar, hehe. Kami solat jamak ama asar di kamar itu, kayak kamar hotel hehe. Lalu ke ruangan ceramah tuk lante, dikasi bimbingan lage. Meskipun di pesawat dah makan, tapi aku masi mau ngemil lage di belakang hehe. Ne travel kan punya keluarga besar hoho. Di ruangan laen masi ada tim laen dengan seragam laen pula diceramahin. Getuh! Eh, ada yang baru neh dipakaikan gelang atribut plastic biru ada kode nomornya n tulisan arabnya, ga boleh dilepas loh selama di arab supaya bisa ditandai kalo hilang…
Duh, dah sore loh. Sebelum pergi, aku n p.cica malah dikasi nama muhrimnya loh. Muhrimnya tuh buat di imigrasi di arab sana (hanya sekedar pelancar masuk getuh). Aku masih bingung2lah, n kenalan ama pria yang ada nama muhammadnya juga sebagai ayahku bede. 
Kami nunggu di ruang tunggu. Duh, saat mau miksi di toilet, aku ga tahu cara make flashnya. Jadi bête  tapi mo pergi neh ga boleh menggerutu. Rupanya di bilik dekat tembok tuh pake shower! Ada lambang jamban jongkoknya.
 masi bête di ruang tunggu. Kurang bersih neh hiks  gemana neh tuk solat? Hiks. Kami di sana cerita2 sekeluarga nungguinnya…
AKHIRNYA, PERGILAH KAMI KE PESAWAT! Sekitar jam 5 sorelah. Pesawat ke arab garuda yang lebih besar lage. Ada 3 deret di situ. Aku di 40g, ternyata di tengah ama 3 orang, pastinya mama n paman bibi. Kami di tengah n terdepan pula, pas di situ ada layar tv nya. Di situ kurajin liat penjelasannya. Habis, perjalanan ke arabnya selama 8 jam loh! DELAPAN JAM!!! 
Duh, mampukah kubertahan selama itu? (jangan lupa antimo, neh masalah serius!). ngapain aja ya?  Selama itu kan waktu boboku. Gubrak! Tentunya mana bisa nikmati perjalanan toh gelap semua diliat di langit sana. Lagian di deret tengah. Akhirnya kuhanya bisa liat tv di mana kita sekarang. Gambar pesawat menuju jalur lurus di Jeddah. Duh masih di ina, baru di Bengkulu, padang, mentawai, nias, aceh neh baru beberapa jam, masi lama hiks . N beberapa lama, tiba di kepulauan di luar negeri nama2 asing, kayak di srilangka, india dsb. Setelah itu ga tahu lage cos dikasi makan. Tayangan diganti ama film perahu kertas, aku ga terlalu ikutin jalan ceritanya, sekedar meliat doang isi waktu. Eh karena semakin ke arab, waktu solatnya juga lebih lambat loh. Harus ikutin waktu di srilangka kayaknya hehe. Lama deh magribnya. Azan baru solat duduk pake tayamum (sebenarnya kurang ngerti solat dengan posisi begini). Terus di wc, lebi baik bawa gelas2 ya tuk ngeflash hehe. oh ya, agar lebi nyaman posisi duduk pesawatnya agak dimiringkan ajah supaya enak bobonya. Entah dah berapa jam bobo. pas jam minum obat kb, jangan ampe ketinggalan ya! Jangan lupa! Soalnya ada temen setim yang obat kb-nya malah ditaruh di koper bagasi. Gawat banget tuh! Ini obat yang penting bagi para cewek! Harus selalu dibawa, jangan ditinggal di rumah kalo di arab sana! Dy mau pinjam obatku, tapi sayangnya ga sama mereknya! Ga boleh juga tuh, ga sesuai mereknya hehe…
Kuliat sisa waktunya, masi 4 jam. Astaga, ga terasa banget yah, kirain dah lama rupanya masi sedemikian. Yang penting uda di luar negerilah. Aku pun bobo2 lage, eh antimo kan efeknya bikin ngantuk ya. Aku bobo ama miyung :p. duh lama banget ya ampenya. Pake selimut coklat n bantal biru. Letak meja makan bangku depen di samping kursi, dikeluarkan meja lipatnya. Kalo mo singkirin angin acnya di atas kursi, diputar aja ke belakang hehe. dingin brrrr… aku dah asik tidur. Ga sadar uda ampe. Alhamdulillah!
Asik dah ampe di arab! Ga sabar mo liat kayak apa sih arab itu! \(^0^)/ kuliat pemandangan jendela banyak lampu2. Uda malam. Oh ya, beda waktu ama Makassar sekitar 5 jam. Di sini waktunya mundur, ina lebih cepet. Sekarang di sini masi jam 11 malam. Kuliat lampu2 di sana. Wah asik ne, uda bisa injak arab. Pesawat mendarat. Kami pun turun dengan lelahnya n melihat inilah Jeddah. Neh bandara khusus haji n umroh. Kuliat orang2 arab di sana, seperti yang ada di ina kok. Masi agak sepi ya. Kami naik bus transit ke dalam bandara. Lalu di dalam sana kami duduk break. Ada banyak penjual kartu arab menawarkan dagangan ke kami. Di satu pesawat rupanya banyak tim ya. Jadi warna warni seragamnya meramaikan bandara hehe. ada juga penjual ina kok. Mama juga belilah, pastinya. Kumo solat isya, liat p.cica solat sih. Masuk wc wudu di wastafel hehe (biasa kepepet, lupain aja soal sopan santun, habis di bilik banyak antrian sih! Cuekin aja, mua getuh sih!). meski wudu, gelang birunya jangan dilepas yah, kan tembus air wudu kok karna dari plastic (aku buka susah, kirain harus lepas tuk wudu hehe).
Aku pun solat. Eh pas selesai, uda waktunya berangkat. Buruan! Aku pun cabut ngejar keluarga. Di sini banyak orang ina juga ya pergi umroh. Eh di bagian imigrasi baru deh harus deketan ama muhrim, bapak yang ga kukenel agar lancer hiks hiks, pisah ama mamaku. Pas dah diperiksa, baru deh keluar ama keluarga. Kuliat suasana di luar sana. Eh ada payung2 besar mengitari gedung loh. Neh uda gayanya arab hehe. katanya arab panas, iya sih ada hawa panasnya juga kurasa n… jangan lupa kering! Makanya siap sedia selalu pelembab kulit n lipglos pelembab bibir di tas tangan! Kuliat sekelilingku, wah bagusnya! Unbelievable. Dah ada di arab neh, Jeddah! Kami lalu bergegas menaiki bus ke madinah. Hm, btw ada sekitar sejaman kami break di bandara tadi duduk, tempatnya kayak bandara ina aja kok hanya bedanya di papan iklannya banyak tulisan arabnya hehe. jadi sekarang dah sekitar jam 12 malam. Kami pun ke madinah, selama 5 jam! LIMA JAM LAGE…