THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 25 Mei 2014

PlotPoint

Kirim Naskah, Yuk!

Punya tulisan dengan segmen remaja hingga dewasa muda yang kepingin kamu publikasikan melalui sebuah buku? Kamu bisa kok mengirimkan ke redaksi PlotPoint. Kalau oke, tulisan kamu itu bisa kami terbitkan dan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Asik kan?

Nah, sebelum mengirim tulisan, baca dulu ya persyaratannya:

    Naskah boleh berupa:
        Omnibook: kumpulan cerpen fiksi yang punya "benang merah". Misal: satu tema/satu tempat/karakternya saling berhubungan/dan lainnya;
        Novel fiksi;
        Non Fiksi (naskah yang berdasarkan fakta. Misal: kisah nyata, buku How To, dll);
        Kumpulan puisi;
        Komik.
    Tulisan ditujukan untuk segmen remaja hingga dewasa muda (13 hingga 31 tahun).
    Naskah yang kamu kirimkankan WAJIB karya ASLI buatanmu sendiri.
    Tema bebas. Kami amat mencari cerita yang punya lokalitas Indonesia. Eksplorasi dan rayakan keragaman suku, agama, ras dan daerah dalam ceritamu. Tapi, jangan menyinggung dan dapat menimbulkan kebencian ya. Juga jangan mengandung pornografi.
    Gaya bahasa bebas, tapi masih disesuaikan dengan remaja hingga dewasa muda.
    Format naskah dengan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5. Margin normal. Save dalam format file: PDF.
    Jumlah halaman 80 - 200 halaman A4.
    KOMIK: Kami menerima storyboard dan naskah komiknya. Komik jadi juga kami terima.
    Sertakan sinopsis. Sinopsis lengkap ya, jelas dari awal hingga akhirnya. Jangan yang terakhirnya "gantung" seperti sinopsis untuk promosi :D
    Jangan lupa biodata lengkap penulis. Sebelum kamu nanya: YA, nulisnya bolehnya lebih dari satu orang.
    Daaan... PlotPoint tidak memungut biaya dalam proses seleksi, penerbitan hingga buku kamu ada di toko buku.


Kirim naskah dalam bentuk file PDF ke: naskah@plotpointkreatif.com

Kami tidak menerima naskah dalam bentuk fisik (print out). Go green, guys! Dan hemat, hehe ;) Untuk komik yang filenya besar, kamu bisa mengirimkan dalam bentuk CD ke alamat kami.

Jangan takut soal plagiarisme, kalau naskah kamu kami anggap sepotensial itu, pastilah kamu akan kami hubungi dan develop naskah kamu.

Naskah yang masuk akan dibaca dan diseleksi satu persatu oleh tim redaksi PlotPoint. Naskah yang diterima atau ditolak akan dihubungi langsung oleh tim redaksi PlotPoint melalui email atau telepon dalam (minimal) 6 bulan hari kerja dari waktu diterimanya naskah, dikarenakan banyaknya naskah yang masuk ke redaksi.

Tunggu apa lagi? Selamat menulis dan terbitkan mimpimu!



Panduan Sinopsis Untuk Kirim Naskah (update)

Teman-teman,

Terima kasih sudah mengirimkan naskah atau berniat mengirimkan naskah. Kenapa makasih? Karena niat aja kan sebenarnya sudah pahala, hehehe.

Tapi, ada yang kami belum sreg nih, banyak banget yang mengirimkan sinopsis yang tidak jelas apa ceritanya; Ada yang sinopsisnya cuma kumpulan kata-kata indah, ada juga yang diakhiri dengan pertanyaan bagaimana cerita itu berakhir, dan lain-lain.

Ini sangat nggak efektif karena kami jadi bingung untuk menganalisa cerita kalian dan melihat potensi ceritanya.

Berikut panduan dari kami:

Sinopsis untuk Novel
A.     Format

- Jumlah kata: 500 - 1000 kata, kira-kira 2 hingga 4 halaman.
- Huruf: Times New Romans, ukuran 12, spasi 1,5.
- Selalu ditulis dalam sudut pandang orang ketiga.

B.     Isi

- Sebuah sinopsis selalu berisi informasi tentang karakter, setting, plot, urutan kejadian, dan tema novel.
- Komposisi dasar
  
   Paragraf satu: Mulai dengan paragraf pembuka yang berisi informasi singkat tentang tokoh utama, dunia tempat dia tinggal, dan situasi yang membuka bagian awal novel.

   Paragraf dua: Isi dengan pengenalan mengenai perubahan yang akan mengguncang keseharian si karakter. Yang harus ada adalah pemicu perubahan ini, tidak harus berisi keseluruhan konflik yang dihadapi karakter dalam novel.

   Paragraf-paragraf berikutnya: Isi dengan rentetan peristiwa yang terjadi, yang menggelinding akibat kejadian awal yang memicunya (yang sudah ditulis di paragraf dua).

   Paragraf penutup: Isi dengan bagaimana hasil dari konflik tersebut, apa jawaban final dari karakter terhadap permasalahan yang dihadapinya. Apa yang berubah dari hidup si karakter-karakternya setelah mereka menghadapi masalah-masalah dalam cerita.

Sinopsis untuk Omnibook (kumpulan cerpen)
- Tulis tema/benang merahnya.
- Lalu tulis sinopsis per cerita. Cukup 2 - 5 kalimat per cerita yang menjelaskan: Siapa karakter utama, dia sangat menginginkan apa dan apa hambatannya. Jelaskan juga di sini di mana setting (tempat dan waktu ceritanya).

Sinopsis untuk Naskah Non Fiksi
- Penulisannya bisa dalam bentuk outline per bab. Sama seperti penulisan omnibook, tiap babnya harus jelas menginformasikan/menjelaskan apa.
- Kami juga menerima rancangan outline buku (naskah belum jadi). Sertakan juga CV dan/atau portfolio untuk menunjukkan kalau kamu memang punya kapasitas dalam bahasan tersebut.

Semoga panduan ini membantu yaaa. Kami tunggu naskah kamu. :D

Salam,

Tim Redaksi

0 komentar: