THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 19 Oktober 2014

JANGAN TERLALU SERING MENULIS, MENULISLAH SEENAKMU, KAPANPUN KAU MAU!!!

Oleh : Rey Elfariqy

Senin, 13 Oktober 2014, saya melakukan sedikit eksperimen psikologis. Silakan klik:

www.facebook.com/rheyelfariqhy/posts/789079261152541

Dari eksperimen itu, terbukti manusia cenderung melakukan apa yang justru dilarang. Sudah jelas-jelas saya melarang nge-like status saya tapi apa yang terjadi? Lebih dari 25 orang melanggarnya, dan sifat 25 orang itu mewakili sifat seluruh manusia di muka bumi, sifat alamiah pikiran bawah sadarnya.

Jadi hari ini saya akan mengungkap hal besar yang kita semua perlu tahu.

Otak kita ini unik. Action sering tidak sejalan dengan perintah. Cenderung berbalik dan berlawanan. Contoh, jika diberikan 10 peraturan pada kita, 9 hal diperbolehkan dan 1 yang dilarang, justru kita berpusat pada yang 1 tersebut. Itu memang sudah naluri manusia sejak jaman alif. Barangkali itu pula yang menyebabkan kakek buyut kita Mbah Adam migrasi ke Bumi. Tuhan memperbolehkan apa-apa saja yang ada di Surga untuk dinikmati dan hanya melarang 1 hal: buah khuldi! Tapi apa yang terjadi?

Maka dalam ilmu hipnoterapi, untuk membawa seseorang masuk ke alam bawah sadarnya, tidak dikenal kata JANGAN. Misalnya, agar pasien membayangkan warna putih, cukup dikatakan: bayangkanlah warna putih, bukannya: JANGAN bayangkan warna hitam, bayangkanlah warna putih.

Dalam ujian kelulusan, mengapa masih ada saja yang mencontek? Itu karena larangannya masih sama: DILARANG Mencontek! Cobalah memasang tulisan: "Menconteklah, selamat menjadi siswa tak berkualitas!" di ruang ujian, dan lihat apa yang terjadi.

Atau di mana kalian biasa melihat sampah di buang sembarangan? Di sepanjang dinding di pinggir jalan yang bertuliskan DILARANG MEMBUANG SAMPAH DISINI! Sampah itu bukannya semakin menyusut tapi malah semakin menggunung tiap harinya. BUANGLAH SAMPAH DISINI, SEMOGA UMURMU TAK AKAN PANJANG, mungkin yang ini akan lebih berpengaruh.

Atau, mengapa muda-mudi kita sulit move on setelah putus? Karena kebanyakan pesan terakhir yang mereka ingat dari sang mantan adalah: JANGAN pernah mengingatku lagi, bukan: JANGAN lupakan aku.

Atau, dalam hubungan cinta, berapa banyak yang berantakan akibat perselingkuhan. Itu karena pasangan kita selalu kita ingatkan: JANGAN selingkuh!

Dalam perselingkuhan pun, yang ini sedikit naif, berapa banyak peselingkuh yang gagal karena mereka kurang cerdas. Sebaiknya kau tidak berpesan dengan selingkuhanmu: JANGAN sampai ketahuan si anu ya kalau kita malam ini berbuat anu. Berpesanlah: JANGAN lupa beritahu si anu ya kalau malam ini kita berbuat anu.

Ini juga berlaku dalam ilmu menulis. Mengapa kita selalu merasa dikekang oleh tuntutan: Kau harus menulis bagus, jangan sampai pembaca bosan, atau semacamnya. Sebaiknya sesekali kita menasehati diri kita sendiri: JANGAN menulis bagus, buatlah tulisan paling jelek yang bisa kau buat, peduli setan dengan pembaca! JANGAN menulis cerpen panjang-panjang, cukup 1 kalimat saja! JANGAN menjadi puitis, itu mudah dan itu disukai wanita!

Kalian tertarik mencobanya? Silakan. Semoga bermanfaat. Tapi ingat, JANGAN pernah sekali-kali mencoba tips ini, karena tips ini sangat serius!

===================================================================


JASA EDITING NASKAH BERHADIAH!

Menulis adalah kegiatan dan hobi yang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang—belum lagi kalau tulisan itu dibukukan hingga dapat dibaca oleh masyarakat luas. Kamu bercita-cita ingin menjadi penulis dengan menuangkan idemu dalam bentuk sebuah buku yang berkualitas?

Namun, sekadar ditulis saja tak cukup untuk melengkapi kualitas tersebut. Diperlukan pula tata bahasa yang sesuai dengan EYD. Masih merasa lemah dalam kualitas EYD? Oleh karena itulah, blogger Menulis Bukti Hidupku (MIBUKU) siap membantu dengan menyediakan jasa editing naskah dalam bahasa Indonesia agar isi bukumu semakin berkualitas!


Setiap naskah memerlukan proses editing sebelum dijual. Tapi tidak semua penulis bisa melakukan editing naskahnya dengan baik. Ia memerlukan bantuan jasa editing naskah. Teman-teman penulis yang membutuhkan jasa, akan mendapatkan editing meliputi koreksi EYD seperti misalnya :
·                    Kalimat yang salah atau kurang,
·                    Tajwid bahasa (pelafalan huruf dan kata),

·                    Kata penghubung apa bagusnya digunakan,

·                    Kata depan,

·                    Kesalahan ketik (typo),
·                    Kalimat baku dan tak baku,
·                    Penggunaan huruf kapital, huruf miring dll,
·                    Penggunaan tanda baca yang tepat seperti elipsis, petik ganda, petik tunggal, tanda hubung seperti en-dash dan em-dash dsb,
·                    dan masih banyak lagi…

Proses editing naskah sangat perlu dilakukan sebelum naskah itu diterbitkan karena bisa saja terjadi kesalahan yang tidak disengaja mau pun salah tulis, juga ketidaktahuan penulis tentang EYD hingga selalu ditolak penerbit mayor karena tata penulisan yang masih kacau. Butuh bantuan jasa editing naskah kami?
Editing yang kami lakukan tidak meliputi isi naskah seperti misalnya pengecekan kebenaran isinya. Dalam editing, kami juga tidak akan mengubah gaya tulisan, makna, dan alur cerita yang kamu tulis.

Apa untungnya mencari jasa editing naskah sendiri? Dengan mencari jasa editing naskah sendiri, tentu saja file hasil editing secara otomatis akan menjadi milik penulis sepenuhnya. Beda kalau diedit secara langsung oleh penerbit karena file hasil editingnya tak akan diberikan.
Hanya dengan TARIF JASA EDITING sebesar Rp 200.000 (DUA RATUS RIBU RUPIAH) maksimal 100 hal (format A4, font TNR 12, spasi 1.5, margin normal) kamu bisa mendapatkan hasil editing naskahmu hingga bisa mempelajari kesalahan kepenulisanmu sendiri. Jadi sekalian bisa belajar EYD secara mandiri, kan?

Tak semua penulis menyadari EYD itu penting dalam menulis. Padahal hal itu sangat mempengaruhi baik dan buruknya tata penulisan mereka agar pembaca dapat memahami tulisan seorang penulis. Baik dan buruknya tata kepenulisan itu merupakan bukti serius atau tidaknya penulis itu berkarya. Jika tak teliti dalam EYD, penulis hanya menulis kata yang tidak berarti.
Dengan menggunakan jasa kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi dan konten yang ada di dalam naskah tersebut karena merupakan tanggung jawab penulis naskah seutuhnya. Selain itu, penulis juga harus mencantumkan dalam buku tersebut bahwa editor bukunya adalah MENULIS BUKTI HIDUPKU.

BONUS:
Jasa editing naskah kami ada bonusnya, loh! Tiap naskah yang masuk akan mendapatkan 1 (satu) buah buku koleksi Creepy Pasta’s Group Sister yang akan dikirim langsung ke alamat kamu (persediaan terbatas). Judul buku bisa dipilih.

 

Punya naskah yang mau diterbitkan? Ingin melakukan self editing, tapi merasa kurang memahami EYD? Silakan kontak kami di sini untuk mendiskusikannya:

Facebook (inbox only) : ARIESKA ARIEF & MENULIS BUKTI HIDUPKU
Pin BB (ping! only) : 764A7969
Ponsel (SMS only) : 085 399 566 422

0 komentar: