THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 25 Desember 2014

Cara termudah membuat Sinopsis

Nah, sekarang mari kita mulai menulis. Pada bagian ini kita akan membahas bagaimana cara membuat outline atau sinopsis. Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu sinopsis. Ya, benar sekali. Sinopsis adalah Ringkasan cerita dari keseluruhan isi novel. Tentu saja dengan tetap menyertakan unsur-unsur intrinsik novel tersebut.  Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

 Ingat! Jangan sesekali membuat sinopsis tidak lengkap dengan tujuan agar editor penasaran. Kenapa? Karena editor tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca keseluruhan naskah kita. Editor akan langsung melempar naskah kita jika dalam sinopsis saja kita sudah membuat mereka bosan. Maka, selalulah membuat sinopsis utuh. Namun  Jangan terlalu panjang. sebuah sinopsis biasanya hanya 2-3 halaman. Namun usahakan agar 2 halaman saja.

Lalu, bagaimana sih cara membuat sinopsis yang mudah dan benar?

Begini. Sebuah sinopsis itu harus mampu menjawab, Apa, Siapa, dimana, mengapa dan bagaimana. Saya langsung saja berikan contoh untuk mempermudah ya. Karena sinopsis itu hanya berkisar dua halaman, maka, bagilah dua halaman itu menjadi beberapa Paragraf.



    a.                        Paragraf pertama,



Apa sebenarnya yang terjadi/ pokok masalah. Pada parafraf pertama ini, langsung ceritakan apa masalah / intrik dalam  naskah anda. Tuliskan secara singkat, padat,  namun jelas.



    b.                       Paragraf kedua.



siapa yang mengalami kejadian tersebut. Gambarkan karakter tokoh dengan detail. Buatlah pembaca dapat membayangkan seperti apa tokoh dalam naskah novel anda.



    c.                     Pada paragraf ketiga

 jawablah tanya tentang dimana kejadian itu berlangsung. Ini di sebut juga seting. Di sini pun anda harus menggambarkan dengan jelas. Seolah pembaca sedang nonton sebuah film. Atau langsung melihat langsung.



    d.                       Kenapa

 Ya, Paragraf ke empat, anda pun harus menjelaskan kenapa semua itu terjadi. Gunakanlah hukum sebab akibat yang jelas. Usahakan membuatnya dengan apa yang pernah anda lihat atau dengar. Jangan sampai terlalu berkhayal. Buatlah serealistis mungkin.



    e.                       Nah, pada Paragraf terakhir ini, sampaikankah bagaimana akhir dari semua yang telah anda tulis di atas. Bagaimana tokoh keluar dari intrik tersebut. Atau disebut juga ending. Mudah’kan membuat sinopsis!

contoh sinopsis



 “Dosa-Dosa Terindah”

(Kurniawan Al Isyhad)



Dosa, sudah semestinya setiap orang menjauhi. Terlebih bagi mereka orang-orang berilmu. Namun itu tidak berlaku bagi Krisna. Ilmu dan titel ustad hanya dijadikan kedok untuk menutupi semua kebusukannya. Menghisap ganja sekaligus mengedarkannya ia lakoni. Bahkan berzinah pun ia lakukan. Padahal ia mempunyai seorang kekasih (Alisya) yang sangat mencintainya. Hingga datanglah Azab Allah yang teramat pedih atas semua dosa-dosanya.

Krisna di keroyok oleh warga. Di tuduh mencuri kotak amal dan penipu. Krisna melawan, hingga terjadilah perkelahian. Sang ibu hanya bisa menjerit-jerit meminta agar Krisna tak dihakimi. Ibunnya yakin bahwa Krisna tak bersalah dan memang itulah kenyataannya. Allah tidak sedang menghukum Krisna akibat mencuri dan menipu, akan tetapi Allah sedang memperingatkan Krisna atas dosa-dosa yang lebih besar dari itu. Krisna pun ditahan. Krisna sangat emosi, tak sadar jika Allah sedang menutupi aib besar dengan Aib yang lebih kecil.



Alisya tidak tega melihat Krisna ditahan. Kebetulan Pak Iriawan selaku Kapolsek adalah ayah dari kakak kelasnya semasa SMA bernama Rofi. Dengan jaminan Alisya, Krisna dibebaskan. Namun Pak Kapolsek menyarankan kepada Krisna supaya jangan dulu memperlihatkan diri kepada warga untuk menghindari keributan terulang kembali. Alisya menyarankan Krisna untuk pergi ke jakarta menemui sahabatnya yang bernama Sari.

Rupanya Allah Yang Maha Kuasa tidak sampai di sana memperingatkan Krisna. Sampai di terminal Kampung Rambutan , Dompet Krisna hilang. Ia pun kembali dikeroyok oleh orang-orang di terminal. Namun Krisna mampu melawan mereka. Akan tetapi ketika menghadapi dua orang polisi. Krisna pun ambruk dalam deraan pukulan dan tendangan.



Pertolongan Allah datang melalui seorang penjaga WC umun dan Musola di terminal tersebut. Krisna diizinkan tinggal di rumah Babeh, pria baik yang telah menolong dan merawatnya ketika terluka. Bahkan lebih dari itu, Krisna pun di beri pekerjaan oleh Babeh sebagai penjaga Musola bersama Jamal putra semata wayang Babeh.



Niat Krisna untuk bertaubat sangat kuat. Ia ingin menebar kebaikan kepada siapa pun. Dengan pengalamannya ketika di kampung, perlahan namun pasti, Krisna pun mulai mengumpulkan anak-anak jalanan di Musola itu untuk diajarinya mengaji. Semua kagum kepadanya. Termasuk Pak Haji. Ketua DKM masjid Majrotul Falah yang berada di seberang jalan terminal. Krisna pun diminta untuk mengisi pengajian di Masjid tersebut.

Kian hari, pengajiannya semakin ramai. Dalam sebuah kesempatan Krisna ingin berbagi dengan Anak-anak jalanan yang selama ini dia asuh. Krisna mengadakan acara makan bersama dengan anak-anak jalanan yang hampir berjumlah 20 orang. Ternyata ada seorang wartawan media cetak yang menjadikannya sebagai berita. Maka esoknya pun Krisna mulai di kenal oleh Masyarakat luas sebagai “Bapak Anak-anak Jalanan.”

Pertolongan Allah tak sampai disana. Mungkin itu semua karena niat Krisna untuk bertaubat sangatlah kuat. Sebuah stasiun tv mengundangnya untuk mengisi tausyiah pada salah satu acara. Bersamaan dengan itu, Alisya ternyata tidak mampu lagi bertahan untuk menunggunya. Alisya memutuskan menerima lamaran Rofi putra Pak Iriawan sang kapolsek berhati baik karena desakan dari orangtuanya.



***

Kerinduan Krisna Kepada ibu, kakak dan Alisya tak dapat dibendung lagi. Setelah acara di televisi itu, Krisna memutuskan untuk segera pulang. Terbayarlah kerinduan kepada Ibu dan kakaknya. Mereka bahkan semua warga yang mengetahui Krisna kini telah menjadi seorang Dai’ sangat malu sekaligus simpati kepada Krisna. Orang yang telah mencuri kotak amal pun sudah tertangkap. Ternyata dia adalah salah satu pemuda yang ikut mengeroyoknya. Krisna sangan bahagia mengetahui itu.



Malam itu pun Krisna langsung berkunjung kerumah Alisya. Namun Krisna sangat terkejut ketika tiba di depan rumah Alisya. Rumah itu seperti yang baru saja selesai hajatan. Dan ia baru tahu kalau Alisya ternyata sudah menikah. Tapi Krisna berusaha menerima itu sebagai salah satu kasih sayang Allah kepadanya. Krisna pun segera melangkah pulang. Memayungi kepala sang ibu dengan tangan. Namun hujan tak mampu menyamarkan air mata.



***

Semakin jelas’kan bagaimana cara membuat sinopsis. Jika masih belum, sepertinya kita harus bertatap muka langsung. Silakan hubungi Kinomedi

Writer Academy untuk bergabung dengan teman-teman lainnya mengikuti sekolah menulis.

Namun jangan salah, ada juga penulis yang justru tidak membuat sinopsis di awal. Mereka membuat sinopsis nanti setelah keseluruhan naskah selesain di buat. Mereka itu adalah penulis yang selalu membiarkannya imajinasinya bebas. Ketika menulis, mereka tak di bebani dengan harus begini dan begitu ceritanya. Mereka menulis, mengalir begitu saja. Mengikuti intuisi. Dan mungkin saya adalah salah satu yang menulis tidak tergantung pada sinopsis.  Terserah anda , mau pake cara yang mana? Mau menuliskan sinopsisnya dulu atau langsung menulis? Yang penting anda harus menikmati proses menulis.

***

======================================================================


JASA EDITING NASKAH BERHADIAH!

Menulis adalah kegiatan dan hobi yang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang—belum lagi kalau tulisan itu dibukukan hingga dapat dibaca oleh masyarakat luas. Kamu bercita-cita ingin menjadi penulis dengan menuangkan idemu dalam bentuk sebuah buku yang berkualitas?

Namun, sekadar ditulis saja tak cukup untuk melengkapi kualitas tersebut. Diperlukan pula tata bahasa yang sesuai dengan EYD. Masih merasa lemah dalam kualitas EYD? Oleh karena itulah, blogger Menulis Bukti Hidupku (MIBUKU) siap membantu dengan menyediakan jasa editing naskah dalam bahasa Indonesia agar isi bukumu semakin berkualitas!


Setiap naskah memerlukan proses editing sebelum dijual. Tapi tidak semua penulis bisa melakukan editing naskahnya dengan baik. Ia memerlukan bantuan jasa editing naskah. Teman-teman penulis yang membutuhkan jasa, akan mendapatkan editing meliputi koreksi EYD seperti misalnya :
·                    Kalimat yang salah atau kurang,
·                    Tajwid bahasa (pelafalan huruf dan kata),

·                    Kata penghubung apa bagusnya digunakan,

·                    Kata depan,

·                    Kesalahan ketik (typo),
·                    Kalimat baku dan tak baku,
·                    Penggunaan huruf kapital, huruf miring dll,
·                    Penggunaan tanda baca yang tepat seperti elipsis, petik ganda, petik tunggal, tanda hubung seperti en-dash dan em-dash dsb,
·                    dan masih banyak lagi…

Proses editing naskah sangat perlu dilakukan sebelum naskah itu diterbitkan karena bisa saja terjadi kesalahan yang tidak disengaja mau pun salah tulis, juga ketidaktahuan penulis tentang EYD hingga selalu ditolak penerbit mayor karena tata penulisan yang masih kacau. Butuh bantuan jasa editing naskah kami?
Editing yang kami lakukan tidak meliputi isi naskah seperti misalnya pengecekan kebenaran isinya. Dalam editing, kami juga tidak akan mengubah gaya tulisan, makna, dan alur cerita yang kamu tulis.

Apa untungnya mencari jasa editing naskah sendiri? Dengan mencari jasa editing naskah sendiri, tentu saja file hasil editing secara otomatis akan menjadi milik penulis sepenuhnya. Beda kalau diedit secara langsung oleh penerbit karena file hasil editingnya tak akan diberikan.
Hanya dengan TARIF JASA EDITING sebesar Rp 200.000 (DUA RATUS RIBU RUPIAH) maksimal 100 hal (format A4, font TNR 12, spasi 1.5, margin normal) kamu bisa mendapatkan hasil editing naskahmu hingga bisa mempelajari kesalahan kepenulisanmu sendiri. Jadi sekalian bisa belajar EYD secara mandiri, kan?

Tak semua penulis menyadari EYD itu penting dalam menulis. Padahal hal itu sangat mempengaruhi baik dan buruknya tata penulisan mereka agar pembaca dapat memahami tulisan seorang penulis. Baik dan buruknya tata kepenulisan itu merupakan bukti serius atau tidaknya penulis itu berkarya. Jika tak teliti dalam EYD, penulis hanya menulis kata yang tidak berarti.
Dengan menggunakan jasa kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi dan konten yang ada di dalam naskah tersebut karena merupakan tanggung jawab penulis naskah seutuhnya. Selain itu, penulis juga harus mencantumkan dalam buku tersebut bahwa editor bukunya adalah MENULIS BUKTI HIDUPKU.

BONUS:
Jasa editing naskah kami ada bonusnya, loh! Tiap naskah yang masuk akan mendapatkan 1 (satu) buah buku koleksi Creepy Pasta’s Group Sister yang akan dikirim langsung ke alamat kamu (persediaan terbatas). Judul buku bisa dipilih.

 

Punya naskah yang mau diterbitkan? Ingin melakukan self editing, tapi merasa kurang memahami EYD? Silakan kontak kami di sini untuk mendiskusikannya:

Facebook (inbox only) : ARIESKA ARIEF & MENULIS BUKTI HIDUPKU
Pin BB (ping! only) : 764A7969
Ponsel (SMS only) : 085 399 566 422

0 komentar: