THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 02 Desember 2014

Jurus Gila Menulis Artikel

JURUS gila? Ya, jurus gila. Jurusinisendiri bukan sebuah keharusan atau hargamati ketika seseorangingin menulis artikeluntuk blog, atau untukberbagai media cetak. Apalagi pada dasarnya saya masih dalam tahap belajar, termasuk mengenai cara menulis artikel dengan baik. Walau begitu, saya meyakinkan Anda bahwa tulisansederhana (baca: Jurus Gila Menulis Artikel) ini bisa dijadikanreferensi; atau minimalmenjadi pembanding bagi Anda dari referensi yang sudah Anda miliki dariberbagai sumber lainnya. 


Saya sendiri pada awalnya agak sulit menekuni aktivitas kepenulisan. Nenek moyangsaya, keluarga besar saya bahkan saya sendiri pun bukan penulis. Apalagi untuksebuah artikel yang layak dimuat (di blog dan media cetak), sungguh satukesulitan yang oke punya. Tapi karena saya memiliki orientasi jangka panjang (sepertiuntuk “memperpanjang umur”, termasuk mewariskan karya tulis untuk anak-cucusaya kelak), saya pun “memaksa” diri untuk menekuni dunia yang satu ini: menulisartikel (untuk blog pribadi dan media cetak).


Nah, dalam konteks blogging dan dunia media cetak, sayatermasuk yang sangat belia dan masih instan; bahkan tak layak dicontoh dan taktepat dijadikan sumber inspirasi. Lalu, mengapa saya membangun cinta denganblogging dan media cetak; kemudian saya perlu berbagi kepada Anda?


Sederhana saja, inti dari blogging dan media cetak adalah bagaimana saya membuat konten atauartikel singkat yang menarik dan bisa dibaca oleh orang lain secara gratis. Termasuk Anda. Ya, Anda yang sedang membaca tulisan ini. Sayaingin berbagi manfaat kepada sesama. Bukan kah sebaik-baik manusia adalah yangbanyak memberi manfaat bagi banyak manusia?


Ya, selama ini saya menfokuskan diri pada artikel untukblog pribadi saya, di samping untuk berbagai media cetak lokal dan nasional.Untuk artikel (atau jenis lain) yang saya kirim ke blog tentu saja tidakberdiri di atas aturan yang ‘njelimet’. Sementara artikel yang saya kirim kemedia cetak biasanya saya pastikan semuanya beraturan, sesuai dengan Ejaan YangDisempurnakan (EYD). Tentu dengan gaya bahasa khas yang saya miliki.

Sebelummembahas jurusgila menulis artikel yang baik, saya perlu menjelaskan terlebih dulu tentang gayapenulisan sebuah artikel.


Sepengetahuan saya, ada 2 gaya bahasa yangsering digunakan ketika seseorangmenulis,yaitu, Pertama, gaya jurnalistik. Gaya ini langsung memberikaninformasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusuldi bagian tengah atau akhir artikel.


Kedua, gayaringkasan. Gaya inimiripdengan gaya berita ringkas yang ditujukan pada pembaca yang mengharapkaninformasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membacarincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.


Selama ini saya terbiasa menggunakan dua gaya tersebut.Nah, sekarang giliran Anda... Gayanya juga terserah Anda, sesuka Anda. Itu jugakalau Anda berani he he he.


Penjelasan lebih oke, silakan Anda temukan di berbagaireferensi yang lebih mumpuni dan memberikan penjelasan tuntas. Selamat mencaridan membaca referensi (lain) ya!


Sekaransaya ingin berbagi mengenai jurus gila dalam menulis artikel. Ya, berikutadalah sebagian jurus gila menulis artikel yang selama ini saya pakai. Kren,kan? Pertama, gunakan bahasa yang mudah dimengertioleh semua orang. Entahberapa kali saya menemukan artikel diberbagai blog yang isinya membuat saya pusing dan menga-ngakarena artikelnya berbelit-belit dan terlalu panjang. Saya pun “terpaksa” tidak mau balik lagi keblog semacam itu. Mau tahu, mengapa? Karena saya menjadi susah tidur setelahmembaca artikel yang ribet he he he.


Begitu juga di media cetak. Saya sering menemukan tulisanyang panjang dan pengulangan yang sama-sama “minta ampun”. Padahal intinyasederhana saja. Nah, jika sederhana, maka untuk apa dibuat ribet? Ataujangan-jangan sang penulis hendak menulis buku, tapi salah kirim he he he.Naskah buku kok malah dikirim ke redaksi media cetak sih? Ke redaksi penerbitbuku saja...


Anda tentu saja paham maksud saya, iya kan? Usahakanagar setiap artikel yang Andatulis, baik untukblog (yang Anda miliki, atau bloglain yang meminta artikel Anda) maupun untuk media cetak  dapat dibaca dan mudahdimengerti oleh orang lain;dan tentunya dengan gaya bahasakhas Anda sendiri.


Untuk jurus ini, Anda tentu saja butuh latihan danlatihan. Anda perlu latihan berulang-ulang dalam membuatartikel yang baik. Dengan begitu, kemampuanmenulis Anda pun menjadisemakin terasah dan menjadi lebih baik. Semoga saja begitu!


Kedua, banyak membaca buku atau referensilain. Seorang penulis tidakmungkin bisa menghasilkan tulisan yang bagus kalau dia jarang atau tidak pernahmembaca tulisan orang lain. Jurusgilanya adalah dia mesti banyak membaca karya orang lain, apapun bentuk danjenisnya.


Sebagaicontoh, misalnya seorang pemilik blog yang menulis tentang internet marketingdi dalam blognya, tentu saja dia akan membutuhkan referensi yang banyak untuk membuat artikel bermutu seputar itu. Begitu juga untuk artikel jenis lain atau dalam bidanglainnya. Apalah lagi untuk artikel yang dikirim di media cetak. Jika Anda inginartikel Anda tidak “dibuang” oleh redaksi media cetak, maka pastikan artikelAnda kaya dan berisi,,, bukan asal!

Oh iya, mengapa Anda perlu membaca karya orang lain? Selainmendapat informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca karya orang lain juga dapat membantuotak Andauntuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika Anda sering membaca buku atautulisan-tulisan yang bermutu,misalnya, maka lambat laun Anda juga akan dapat menulis artikel (atau bahkan buku) yang enak dibaca, dan layak dirindukan pembaca. Asyiknya jika sudah menjadi pemilik artikel yangdirindukan banyak pembaca...Asyiknya tuh di sini, di dalam hati (ku, mu, nya) hehe he.


Ketiga, Memiliki gaya bahasa yang unik. Ini salah satu hal yang penting dalammenulis. Bahkan inimerupakan “magnet” tersendiri bagi sang penulis. Tapi, Anda tak perlu terjebakdalam gaya ini. Biarkan mengalir saja, sebab dengan sering menulis maka kelakgaya bahasa tulisan Anda akan mengikuti dengan sendirinya. Jadi, miliki gayabahasa yang unik namun tidak menghambat kreatifitas Anda dalam menulis.


Coba fokus dengan pernyataan ini: Mulailahberlatih menulis dengan cara Andasendiri, dengan gaya bahasaAnda sendiri. Itulah yang membuat sebuah tulisan kelak menjadi berbeda danmenjadi pengungkit daya tarik pembaca kepada tulisan Anda.


Apapungaya atau cara Andadalam menlahirkan sebuah tulisan, yang terpenting adalah “bagaimana” agar tulisan atau artikel tersebutmemberikan informasi, relevan, dan mudah dicerna oleh pembaca. Anda bisa membuat sebuah artikel yangsederhana untuk sebuah informasi yang memang sederhana, dan Anda juga bisa membuat sebuah artikeldengan judul yang “provokatif” yang bisa menghentak pembaca artikel Anda. Itu terserah Anda saja deh.


Di atas segalanya, isi tulisan sederhana ini tidak akanpernah menginspirasi orang yang enggan mengambil manfaat. Karena itu saya tidakmau menulis untuk manusia semacam itu. Saya menulis hanya untuk Anda yang inginmengambil manfaat: ingin bahagia dari kepenulisan (karya tulis), ingin menikmati“berkah” dari Allah melalui karya tulis. Titik. [Oleh: Syamsudin Kadir—DirekturKOMUNITAS-“Komunitas Cirebon Membaca, Cirebon Menulis”, Penulis buku (1. Spiritto Your Success, 2. POLITICS, dan 3. Udah, Nikah(in) Aja!), Pegiat IlmuPengetahuan di STAI Bunga Bangsa Cirebon-STAI BBC]  



Tulisanini dapat dibaca di:

1.      https://akarsejarah.wordpress.com/2014/12/01/jurus-gila-menulis-artikel/

2.      http://mitrapemuda.wordpress.com/2014/12/01/jurus-gila-menulis-artikel/

http://animanga-oushiza.blogspot.com/2014/08/pin-bb-ramadhan-29-pintu-berkah-di.html

====================================================================



JASA EDITING NASKAH BERHADIAH!

Menulis adalah kegiatan dan hobi yang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang—belum lagi kalau tulisan itu dibukukan hingga dapat dibaca oleh masyarakat luas. Kamu bercita-cita ingin menjadi penulis dengan menuangkan idemu dalam bentuk sebuah buku yang berkualitas?

Namun, sekadar ditulis saja tak cukup untuk melengkapi kualitas tersebut. Diperlukan pula tata bahasa yang sesuai dengan EYD. Masih merasa lemah dalam kualitas EYD? Oleh karena itulah, blogger Menulis Bukti Hidupku (MIBUKU) siap membantu dengan menyediakan jasa editing naskah dalam bahasa Indonesia agar isi bukumu semakin berkualitas!


Setiap naskah memerlukan proses editing sebelum dijual. Tapi tidak semua penulis bisa melakukan editing naskahnya dengan baik. Ia memerlukan bantuan jasa editing naskah. Teman-teman penulis yang membutuhkan jasa, akan mendapatkan editing meliputi koreksi EYD seperti misalnya :
·                    Kalimat yang salah atau kurang,
·                    Tajwid bahasa (pelafalan huruf dan kata),

·                    Kata penghubung apa bagusnya digunakan,

·                    Kata depan,

·                    Kesalahan ketik (typo),
·                    Kalimat baku dan tak baku,
·                    Penggunaan huruf kapital, huruf miring dll,
·                    Penggunaan tanda baca yang tepat seperti elipsis, petik ganda, petik tunggal, tanda hubung seperti en-dash dan em-dash dsb,
·                    dan masih banyak lagi…

Proses editing naskah sangat perlu dilakukan sebelum naskah itu diterbitkan karena bisa saja terjadi kesalahan yang tidak disengaja mau pun salah tulis, juga ketidaktahuan penulis tentang EYD hingga selalu ditolak penerbit mayor karena tata penulisan yang masih kacau. Butuh bantuan jasa editing naskah kami?
Editing yang kami lakukan tidak meliputi isi naskah seperti misalnya pengecekan kebenaran isinya. Dalam editing, kami juga tidak akan mengubah gaya tulisan, makna, dan alur cerita yang kamu tulis.

Apa untungnya mencari jasa editing naskah sendiri? Dengan mencari jasa editing naskah sendiri, tentu saja file hasil editing secara otomatis akan menjadi milik penulis sepenuhnya. Beda kalau diedit secara langsung oleh penerbit karena file hasil editingnya tak akan diberikan.
Hanya dengan TARIF JASA EDITING sebesar Rp 200.000 (DUA RATUS RIBU RUPIAH) maksimal 100 hal (format A4, font TNR 12, spasi 1.5, margin normal) kamu bisa mendapatkan hasil editing naskahmu hingga bisa mempelajari kesalahan kepenulisanmu sendiri. Jadi sekalian bisa belajar EYD secara mandiri, kan?

Tak semua penulis menyadari EYD itu penting dalam menulis. Padahal hal itu sangat mempengaruhi baik dan buruknya tata penulisan mereka agar pembaca dapat memahami tulisan seorang penulis. Baik dan buruknya tata kepenulisan itu merupakan bukti serius atau tidaknya penulis itu berkarya. Jika tak teliti dalam EYD, penulis hanya menulis kata yang tidak berarti.
Dengan menggunakan jasa kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi dan konten yang ada di dalam naskah tersebut karena merupakan tanggung jawab penulis naskah seutuhnya. Selain itu, penulis juga harus mencantumkan dalam buku tersebut bahwa editor bukunya adalah MENULIS BUKTI HIDUPKU.

BONUS:
Jasa editing naskah kami ada bonusnya, loh! Tiap naskah yang masuk akan mendapatkan 1 (satu) buah buku koleksi Creepy Pasta’s Group Sister yang akan dikirim langsung ke alamat kamu (persediaan terbatas). Judul buku bisa dipilih.

 

Punya naskah yang mau diterbitkan? Ingin melakukan self editing, tapi merasa kurang memahami EYD? Silakan kontak kami di sini untuk mendiskusikannya:

Facebook (inbox only) : ARIESKA ARIEF & MENULIS BUKTI HIDUPKU
Pin BB (ping! only) : 764A7969
Ponsel (SMS only) : 085 399 566 422

0 komentar: