THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 06 Agustus 2015

ending terbuka vs ending tertutup

 ne aku waktu masi baby, yang pengen cubit pada telat karna babynya uda gede! si baby mah dah doyan nulis sejak SD, dan waktu TK tuh suka mendongeng. ampe sekarang tuh masih terus belajar, ampe tua sekali pun! selain belajar plot twist, ama EYD, aku juga lagi belajar ending yang kece tuh kayak apa. n aku nemu ending terbuka tuh dah banyak dipake orang. kan biasanya orang pake ending tertutup, tapi aku menaruh perhatian besar ama ending terbuka ini. ending terbuka kayak yang di goosebumps, ftv horor trans tv contohnya. hm asal tahu aja ya, meski ftv romance di sctv tuh bagus2 banget, tapi aku pasti males nonton ampe habis. kenapa? karna endingnya klise, ending tertutup terus yang dipake n pastinya endingnya mudah ditebak, pasti selalu pacaran tokoh utamanya. makanya aku mengundurkan diri menontonnya sampe habis dan berpindah canel aja karna dah tahu pasti endingnya selalu begitu, ga ada syok2nya. aku suka banget nonton sampe habis ftv horor di trans tv, ama di trans 7 juga idenya asik! kalo di indosiar suka ftv religinya bagus tu alur ceritanya meski endingnya si mudah ketebak, tapi konfliknya si asik. kembali ke horor, penerbit horor fave ku ya tetep mediakita sih, penerbit itu dah membangkitkan asiknya horor dari alam kubur di tahun 2013 di kalaku bete karna dikit amat horor yang fresh! meski awalnya si kala terbitan mediakita itu membanjir di gramed tu aku sempat ragu beli, tapi kupikir2 ga ada salahnya lah dicicipi n dipelajari dulu. n sesuai dugaanku kala itu, kumcernya masih biasa2 ajalah! masi kurang seru plus masi dibumbuhi mainstream2 yang bertebaran sana sini, tapi wih pas waktu berlalu tu makin baguslah buku2 penerbit ini! n koleksi horor terbanyakku si ya penerbit mediakita si. pas ada tulisannya @kisahhoror tuh, tamba bagus deh! tapi tergantung penulisnya juga si. tapi rata2 bagus! btw ada juga antologi horor si penerbit lain tema horor kota, yah aku kapok beli kalo tema seperti ini karna hanya kayak baca buku pelajaran budaya aja, bikin ngantuk, ga asik, ga seru, hanya dikit aja cerpen yang seru. aku beli di penerbit horor terpercaya aja kayak: mediakita, bukune, gerrmedia, yang lain masi mikir2 dulu. sayang uangnya kalo aku beli tapi gak asik, gak seru, mainstream, idenya basi dsb...

berikutnya, neh si lepi buat nulis! sebenarnya si aku lagi belajar nulis ending terbuka, tapi dengan formula yang baru. ending terbuka itu yang kayak masih buat penikmatnya kepikiran karna seolah tak ada habis2nya konfliknya. aku biasa pake ending terbuka! meski kebanyakan karyaku ya ending tertutuplah, ending yang konvensional dipake orang2. kalo dah pake ending kebuka ya pastilah mudah ditebak oleh orang yang selalu menemui ending kebuka itu, pastinya tu orang rajin ngebaca n nonton. aku merasa ending terbuka yang kupake si masi biasa2 ajalah. contoh ending terbuka kayak di novel rahasia lantai keempat tuh n aku merasa ending terbukanya ya masi standar bangetlah! makanya aku lagi nyari karangan yang ending terbukanya tuh unik, aku lagi usaha juga meramu formula ending terbuka versi terbaru n fresh. n novel contoh tadi tuh, dah ketebak banget maunya penulis tu pasti mo pake ending terbuka! aku dah bisa menebaknya hanya dengan membaca prolog bab endingnya itu, pasti selalu ada tokoh baru alias figuran di bab ending itu, selalu itu jadi ciri utama ending terbuka. figuran itu hanya nongol di bab ending sebagai penutup ending terbukanya. selalu begitu gaya penulis ending terbuka! makanya aku lagi mikir2, karna ending terbuka karanganku sendiri yah masih standar juga sih hiks2. ending terbuka seperti apa ya kira2 yang belum kepikirkan penulis lainnya? ya aku berusaha nemuin jawabannya itu dengan menggali2 buku2 di pasaran, terutama horor. kalo ending gantung? mungkin lain kali aku akan pake ending gantung di karanganku agar pembaca kesel hehe! aku selalu berusaha make twist ending di tulisanku. n ne ada rahasianya ne agar pembaca baca ampe habis, yaitu menaruh endingnya sebelum bab penutup, tapi bab penutupnya itu ending tertutup. tu kudapatkan di novel vasca vannisa. dy selalu nulis tuh gak naruh nama pelakunya di bab endingnya, tuh aku akui cerdik banget ne penulis seksi! kan novelnya tu tebel banget, jadinya aku gak sabaran mo cari tahu siapa pelakunya, jadinya aku ke bab ending eh ga nemu2 juga akhirnya udah de aku lanjut aja baca huh tebel amat si bukunya, eh pas menghampiri ending tuh baru deh ketahuan pelakunya, dikit lagi tu aku sampe hoho. wow! nah, ketipu kan? gak duga kan kalo nama pelakunya ada di bab sebelum ending?! b^0^d

hehe, nih lagi bobo ama partnerku si Pooh pinker. tahu gak sih, kalo nama Pooh ini dah beberapa kali kumasukin dalam tiap karanganku. kalo mo kenel Pooh yang ini ne temen boboku. gak bisa bobo tanpa memeluk kelembutannya! hm, masi suka sebel ama novel tebel banget hiks. meski novelnya vasca vannisa tu bagus2, hanya aja ya itu de tebel banget malas bacanya meski menarik juga si. ne aja setahun belum kelar2 kubaca. kalo aku si ada triknya agar novelku ga begitu tebal yaitu dengan menggunakan ide tulisan di novel yang kelebihan tebal itu ke ide lain, kan gak ada salahnya dijadikan ide baru, daripada kehabisan ide karna novelnya terlalu tebal getu? beda lagi ama novelnya tu rahasia lantai keempat si memang dah bagus hanya aja ne sebaliknya, tipis amat sih, terus petualangannya juga pas2an bangetlah! ini gak memuaskan pembaca. kalo mo jujur sih, awalnya novelnya memang bagus tapi lama2 ampe ending ih standar bangetlah! selain mediakita n bukune tuh, ada penerbit horor lagi yang aku suka bangetlah namanya penerbit gerrmedia, liat aja buku2nya tuh antimainstream banget, mana idenya fresh n juga plot twistnya berimbanglah, tapi tergantung penulisnya juga si. cus aku nemu buku terbitan gerrmedia yang judulnya kamar mayat, astaga, cerpen2nya mah mainstream2 banget hiks. gak kayak penulis lainnya kayak maria rosa itu mah keren2 bukunya. di kumcer kamar mayat, selalu aja ada repetisinya kayak misalnya tu kalo ada hantunya pasti selalu ada bau melatilah, angin dinginnyalah, ah malas banget aku baca kalimat2 itu, n idenya pun dah rata2 basi si. tapi aku suka banget ama gerrmedia karna gambar2 horornya keren bangetlah! belakangan ne aku juga suka ama kover2 horor bukune, cantik banget! liat aja kover2 2015 nya, daripada tahun lalu tuh sumpeh ya aku jadi malas beli buku2 horor terbitan bukune karna kovernya gak serem! kayak lukisan abstrak getu tapi kesan horornya hilang! terus ada penerbit horor baru kayak penerbit makam tuh, aku masih belum sreg karna aku liat judul2nya kayaknya ide2nya mainstream2 tuh, aku kayak ga menemukan angin segar pada horornya dari judul n sinopsisnya. makanya aku ragu belinya, lebi suka ama terbitan mediakita aja... 

0 komentar: